3 Cara Merawat Bayi Berdasarkan Lingkungan

Dalam cara merawat bayi yang baik kadang ada hal yang dilewatkan oleh orang tua. Seperti lingkungan tempat tinggal bayi itu berada. Merawat bayi tidak hanya dari diri bayi tersebut, melainkan juga dari lingkungan sekitar bayi. Lingkungan sekitar bayi bisa saja memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan bayi. Lingkungan yang kurang sehat dapat membantu memudahkan penularan penyakit pada bayi. Anda tentu tidak ingin bayi Anda sakit, maka perlu menjaga lingkungan sekitar bayi dengan baik.

cara merawat bayi - Parenting 2

Cara Merawat Bayi Berawal Dari Lingkungan

  • Lingkungan yang nyaman

Menciptakan lingkungan yang nyaman merupakan hal yang perlu dilakukan dan sangat penting untuk cara merawat bayi. Lingkungan yang nyaman untuk bayi adalah lingkungan yang tenang tidak terlalu berisik. Kondisi lingkungan cukup sejuk dengan kata lain tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas, dengan suhu ruangnya disarankan diantara 20-30OC. Perhatikan juga pencahayaan yang baik, datangnya cahaya tidak tepat langsung jatuh ke mata bayi karena hal ini dapat menyebabkan bayi menjadi rewel. Menciptakan lingkungan yang nyaman juga perlu diperhatikan keberadaan nyamuk. Bayi harus terhindari dari gigitan nyamuk atau serangga lain. Gigitan nyamuk bisa dihindari dengan menggunakan kelambu saat bayi tidur. Sebaiknya sang ibu juga melakukan kegiatan pembersihan rumah setiap hari agar rumah terbebas dari nyamuk atau serangga lain.

  • Benda-benda mainan bayi

Mainan bayi sangat berperan untuk mengembangkan kemampuan motorik bayi. Pilihlah mainan yang bersih dan tidak mudah mendatangkan bibit penyakit. Sebaiknya, Anda sebagai ibu perlu membersihkan mainan bayi secara rutin agar kuman-kuman tidak mudah menyebar pada bayi.

  • Orang-orang yang ada di sekitar bayi

Cara merawat bayi juga perlu diperhatikan orang-orang yang ada disekitar bayi. Bayi juga akan merasa stres jika banyak orang-orang yang ingin menggendongnya atau mengajaknya bercanda. Selain itu, jika terlalu banyak orang disekitar bayi bisa saja mudah mencemari lingkungan tempat bayi berada. Anda tidak tahu orang-orang itu sehat atau tidak, maka perlu untuk mengontrol dengan sewajarnya orang-orang yang ada di sekitar bayi.

Beberapa hal tersebut menjadi bagian dari lingkungan bayi yang perlu diciptakan senyaman mungkin. Lingkungan bayi berpengaruh cukup besar dalam merawat bayi, karena bisa mempengaruhi kondisi psikis dan kesehatan bayi. Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk bisa menciptakan kondisi lingkungan yang baik. Selain menciptakan lingkungan yang nyaman juga perlu memberikan nutrisi yang tepat untuk bisa melindungi bayi dari dalam tubuh. Nutrisi terbaiknya adalah susu, misalnya Anda bisa memberikan nutrisi tambahan dari Wyeth Nutrition yang kandungannya sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Hal itu merupakan sebagai pelengkap dalam cara merawat bayi yang baik dan benar.